Sabtu, 23 Juni 2012

FKIP JUARA UMUM REKTOR CUP 2012




MALANG – Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP-UMM)  tak pernah puas akan prestasi.  Setelah tiga tahun berturut-turut berhasil menyabet gelar juara umum ajang Rektor Cup, tahun ini pun FKIP kembali meraihnya.  Dalam ajang  paling bergengsi di kampus putih ini,  FKIP berhasil mengungguli 9 fakultas lain dengan memborong 24 emas, 25 perak dan 17 perunggu.
Dr. M. Syaifuddin, M.M, Dekan FKIP saat memberikan sambutan pada penutupan Rektor Cup (9/6) dengan bangga mengatakan “Merupakan kebanggaan bisa menjadi juara umum Rektor Cup UMM 2012 ini.  Semoga saja piala bergilir juara umum ini akan selalu ada di tangan FKIP.”
“Prestasi seperti ini rupanya masih belum cukup, FKIP terus menggali dan mengembangankan potensi untuk bisa berprestasi, bukan hanya di lingkungan kampus, atau jago kandang.  Fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak ini ternyata juga sering mengharumkan nama universitas di ajang-ajang luar baik regional, nasional dan bahkan internasional,” ujar  Pembantu Dekan III FKIP UMM, Drs. Nur Widodo  yang ditemui seusai menghadiri acara Rektor Cup cabang tari (20/5).
Dijelaskan Widodo, salah satu mahasiswa berprestasi FKIP berasal dari jurusan Bahasa Indonesia, Nurvanggit Riansyahzudhitya.  Vanggit merupakan wakil UMM dalam lomba baca puisi ke tingkat nasional (Sayebanda) yang diadakan oleh Kemenpora 2011. Selain itu ada pula Wawan Wahyudi Efendi.  Mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2008 ini pernah meraih juara menulis karya ilmiah spesifikasi teknoprenden (interprenden teknologi) tahun 2009 dalam acara yang berlangsung di RAM IPB.
“Program ini didukung oleh LCM Amerika dan  diikuti oleh empat negara yaitu Peru, India, Amerika dan Indonesia. Lalu, 50 orang peserta program terbaik dari Indonesia langsung dikirim ke Singapura selama 1 bulan dan menjalani training. Kemudian yang terbaik diberikan penghargaan.  Wawan merupakn salah satu diantaranya,” ujar Wawan.
Sejauh ini FKIP UMM terus berjuang menjadi fakultas  berprestasi. Masih menurut Pembantu  Dekan III FKIP UMM yang mengurusi pengembangan minat dan bakat mahasiswa ini, FKIP sudah memberi sumbangan kontributif yang sangat bagus. FKIP di bidang penalaran misalnya, selalu mewakili kampus ini untuk berkompetisi di tingkat nasional.
Selama ini (timnas) UMM yang berkompetisi pada bidang seni, karya tulis, poster, dan sebagainya selalu didominasi oleh mahasiswa FKIP. Contohnya entrepreneurship di Singapura, vokal grup  ke tingkat regional dan nasional, juara 1 (Lomba Menulis Cerita Pendek) LMCR 2010-2011 dan Duta Budaya Bangsa 2011 ke Singapura.
“Prestasi mahasiswa FKIP baik di dalam maupun di luar kampus memang membanggakan. Namun untuk bisa lebih maju lagi, kita harus tidak pernah puas dengan prestasi yang telah diraih. Kita juga harus terus meningkatkannya lagi,” tandasnya.
Senada dengan mahasiswanya, dosen-dosen di FKIP pun juga tak mau ketinggalan dalam menorehkan prestasi. Seperti yang dikatakan oleh Dra. Sugiarti, salah satu dosen FKIP berprestasi sering menjadi  pemateri di seminar-seminar nasional kebahasaan  saat diwawancarai. ”Untuk itu memang ada beberapa aktivitas yang dilakukan oleh dosen, misalnya presentasi seminar pendidikan dan pengajaran baik nasional maupun internasional. Ada pula aspek penunjang  yang dilakukan oleh dosen dengan menjadi juri lomba-lomba apapun itu dan mengikuti aktivitas di dalam maupun di luar kampus sebagai peserta.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar